Minggu, 11 Maret 2018

Alasan Maskapai Banyak Memilih Warna Biru

BY Lana Rezky IN No comments

Alasan Maskapai Banyak Memilih Warna Biru

Banyak maskapai di dunia yang memilih warna biru sebagai interior kabin. Mulai dari bangku, lampu pesawat, hingga ornamen lain seperti nampan makanan.

Maskapai besar di dunia yang terkenal dengan sentuhan warna biru di kabin adalah British Airways, American Airlines, Aeroflot, hingga Garuda Indonesia. Ternyata pemilihan warna biru tersebut bukan tanpa alasan.

"Warna biru diasosiasikan dengan hal positif. Kepercayaan, efisiensi, ketulusan, ketenangan, dan kesejukan," kata konsultan Colur Affects yang berbasis di London sekaligus penulis buku The Beginner's Guide to Colour Psychology, Angela Wright.

Baca juga : Ini 5 Maskapai Nasional di Indonesia Paling Tepat Waktu di Tahun 2017

Pemimpin desainer di dunia penerbangan, sekaligus pemimpin perusahaan yang bekerja membuat interior pesawat selama 30 tahun, Nigel Goode mengatakan saat memilih warna interior pertimbangannya adalah memperkuat merek maskapai agar lebih mudah dikenali.

"Namun perhatian utama kami adalah menghadirkan interior yang memaksimalkan kenyamanan untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan," kata Goode.

Airbus A320 British Airways.British Airways Airbus A320 British Airways.

Warna biru menurut Goode dapat mengurangi stres dan memberi ketenangan kepada penumpang dibanding warna lain. Tujuannya tak lain agar penumpang merasakan suasana santai seperti di rumah saat melakukan perjalanan.

Uniknya Goode mengatakan maskapai berbiaya rendah cenderung memilih warna terang dan lebih berani.

"Penelitian kami di bandara dan stasiun kereta api menunjukkan bahwa kekuatan psikologis warna dan kontrol pencahayaan dapat memengaruhi perasaan hati orang," kata Goode. 

Seperti warna kuning yang mencerminkan sifat optimis, percaya diri, kekuatan emosional, keramahan, dan kreativitas.

Warna hijau mencerminkan harmonisasi, keseimbangan, kesegaran, cinta bumi, istirahat, sadar lingkungan, kedamaian, dan kepastian.

Warna oranye mencerminkan ketenangan fisik, makanan, kehangatan, keamanan, sensualitas, hasrat, kegembiraan, dan kelimpahan.

Sedangkan warna merah mencerminkan keberanian, kekuatan, kehangatan, energi, kelangsungan hidup dasar, stimulasi, maskulinitas, dan kegembiraan.

0 komentar:

Posting Komentar